10 Home Remedies untuk Kulit Berminyak

Kulit berminyak adalah hasil dari kelebihan produksi sebum dari kelenjar sebaceous. Kelenjar ini terletak di bawah permukaan kulit.

Sebum adalah zat berminyak yang terbuat dari lemak. Sebum tidak terlalu buruk karena membantu melindungi dan melembabkan kulit Anda dan menjaga rambut Anda tetap berkilau dan sehat.

Namun terlalu banyak sebum, dapat menyebabkan kulit berminyak, yang dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan jerawat. Genetika, perubahan hormon, atau bahkan stres dapat meningkatkan produksi sebum.

Kulit berminyak dan jerawat menantang untuk dikelola. Namun, pengobatan rumah sering mengurangi gejala tanpa menggunakan obat resep atau rejimen perawatan kulit yang mahal. Berikut adalah 10 solusi untuk kulit berminyak yang bisa Anda coba di rumah.
1. Cuci muka Anda

Tampaknya sudah jelas, tetapi banyak orang dengan kulit berminyak tidak mencuci muka setiap hari. Jika kulit Anda berminyak, Anda harus mencuci muka dua kali sehari - tetapi jangan berlebihan. Hindari sabun atau deterjen yang keras. Gunakan sabun yang lembut seperti sabun gliserin sebagai gantinya.
2. Kertas Blotting

Kertas yang tipis dan kecil ini tidak akan mencegah kelenjar sebaceous Anda masuk ke gizinya, tetapi mereka akan memungkinkan Anda untuk menghapus minyak berlebih dari wajah Anda untuk membantu meminimalkan kulit berminyak dan berminyak. Kertas blotting murah dan tersedia di atas meja. Gunakan sesuai kebutuhan sepanjang hari.
3. Sayang

Madu adalah salah satu solusi perawatan kulit alami yang paling dihormati. Berkat kemampuan antibakteri dan antiseptiknya, mungkin bermanfaat bagi kulit berminyak dan berjerawat.

Madu juga merupakan humektan alami, sehingga membantu menjaga kelembapan kulit tetapi tidak berminyak. Ini karena humektan menarik kelembaban dari kulit tanpa menggantinya.

Untuk menggunakan madu untuk mengobati jerawat dan kulit berminyak, sebarkan lapisan tipis, sebaiknya yang mentah, ke wajah Anda; Biarkan kering selama sekitar 10 menit, dan bilas bersih dengan air hangat.
4. Tanah liat kosmetik

Tanah liat kosmetik, juga disebut tanah liat penyembuhan, digunakan untuk membantu menyerap minyak kulit dan mengobati banyak kondisi kulit. Lempung hijau Prancis adalah perawatan populer untuk kulit berminyak dan jerawat karena sangat menyerap. Tanah liat hijau Prancis hadir dalam bentuk bubuk.

Untuk membuat masker tanah liat hijau Perancis yang cocok untuk spa:

    Tambahkan air yang disaring atau air mawar ke sekitar satu sendok teh tanah liat sampai membentuk konsistensi seperti puding.
    Oleskan campuran tanah liat ke wajah Anda dan biarkan hingga kering.
    Hapus tanah liat dengan air hangat dan keringkan.

Masker tanah liat yang diambil dengan air jauh lebih lembut di kulit Anda daripada masker yang dikupas.
5. Oatmeal

Oatmeal membantu menenangkan kulit yang meradang dan menyerap minyak berlebih. Ini juga membantu mengeksfoliasi kulit mati. Ketika digunakan dalam masker wajah, oatmeal biasanya digiling. Dapat dikombinasikan dengan yogurt, madu, atau buah tumbuk seperti pisang, apel, atau pepaya. Untuk menggunakan oatmeal di wajah Anda:

    Campurkan 1/2 cangkir gandum dengan air panas untuk membentuk pasta.
    Masukkan 1 sendok makan madu.
    Pijat campuran oatmeal ke wajah Anda selama sekitar tiga menit; bilas dengan air hangat, dan keringkan.
    Sebagai alternatif, oleskan campuran oatmeal ke wajah Anda dan biarkan selama 10–15 menit; bilas dengan air hangat, dan keringkan.

6. Putih telur dan lemon

Putih telur dan lemon adalah obat tradisional untuk kulit berminyak. Kedua bahan dianggap mengencangkan pori-pori. Asam dalam lemon dan buah jeruk lainnya dapat membantu menyerap minyak. Menurut sebuah penelitian tahun 2008, lemon juga memiliki kemampuan antibakteri. Namun, obat ini bukan pilihan yang baik untuk orang-orang dengan alergi telur.

Untuk membuat masker wajah putih telur dan lemon:

    Campurkan 1 putih telur dengan 1 sendok teh jus lemon segar.
    Menerapkannya ke wajah Anda, dan biarkan sampai masker mengering.
    Hapus dengan air hangat, dan keringkan.

7. Almond

Kacang almond bukan hanya berfungsi mengelupas kulit Anda, tetapi juga membantu mengeluarkan minyak dan kotoran berlebih. Untuk menggunakan scrub almond wajah:

    Bubuhkan kacang almond mentah untuk membuat 3 sendok teh.
    Tambahkan 2 sendok makan madu mentah.
    Oleskan ke wajah Anda dengan lembut, dalam gerakan melingkar.
    Bilas dengan air hangat, dan keringkan.

Anda juga bisa membuat masker wajah almond dengan menggiling almond menjadi pasta sebelum menambahkan madu. Biarkan masker selama 10–15 menit. Bilas dengan air hangat, dan keringkan. Jangan gunakan jika Anda memiliki alergi kacang.
8. Lidah buaya

Aloe vera dikenal untuk menyembuhkan luka bakar dan kondisi kulit lainnya. Menurut Mayo Clinic, ada bukti ilmiah yang baik yang membantu merawat kulit berkerut yang disebabkan oleh bercak-bercak berminyak. Banyak orang menggunakan lidah buaya untuk merawat kulit berminyak.

Anda bisa mengoleskan lapisan tipis ke wajah Anda sebelum tidur dan biarkan hingga pagi. Lidah buaya diketahui menyebabkan reaksi alergi pada kulit sensitif. Jika Anda belum pernah menggunakan lidah buaya sebelumnya, uji sejumlah kecil di lengan bawah Anda. Jika tidak ada reaksi muncul dalam 24 hingga 48 jam, itu harus aman digunakan.
9. Tomat

Tomat mengandung asam salisilat, obat rumah jerawat yang umum. Asam dalam tomat dapat membantu menyerap minyak kulit yang berlebih dan menyamarkan pori-pori. Untuk membuat masker tomat pengelupas kulit:

Campurkan 1 sendok teh gula dengan pulp 1 tomat.
    Oleskan ke kulit dalam gerakan melingkar.
    Diamkan masker selama 5 menit.
    Bilas bersih dengan air hangat, dan keringkan.

Anda juga bisa mengoleskan hanya bubur tomat atau irisan tomat ke kulit Anda.
10. minyak jojoba

Meskipun gagasan menerapkan minyak pada kulit berminyak tampaknya kontraproduktif, minyak jojoba adalah obat tradisional untuk mengobati kulit berminyak, jerawat, dan masalah kulit lainnya.

Diperkirakan bahwa jojoba meniru sebum pada kulit untuk "mengelabui" kelenjar sebaceous agar menghasilkan lebih sedikit sebum dan membantu menjaga level minyak tetap seimbang. Tidak ada penelitian ilmiah untuk mendukung teori ini.

Namun, sebuah studi 2012 menemukan bahwa menggunakan masker yang terbuat dari tanah liat penyembuhan dan minyak jojoba dua sampai tiga kali seminggu membantu menyembuhkan lesi kulit dan jerawat ringan.

Sedikit minyak jojoba bisa digunakan jauh. Penggunaan terlalu banyak dapat memperparah kulit berminyak. Cobalah memijat beberapa tetes ke dalam kulit bersih beberapa hari dalam seminggu untuk melihat bagaimana reaksi Anda. Jika Anda menyukai hasilnya, berlaku setiap hari.
Mencegah kulit berminyak

Ketika kulit berminyak disebabkan oleh genetika atau hormon, sulit untuk mencegahnya. Mempraktikkan perawatan kulit yang konsisten dan menghindari makanan yang tidak sehat seperti makanan yang digoreng, makanan tinggi gula, dan makanan olahan dapat membantu.

Sangat menggoda untuk menggunakan kosmetik berat untuk menutupi efek kulit berminyak, tetapi ini dapat memperburuk kondisi. Saat kulit berminyak beraksi, kurangi penggunaan riasan, terutama foundation. Pilih produk berbasis air, bukan berbasis minyak. Carilah produk berlabel noncomedogenic yang cenderung menyumbat pori-pori.

Banyak orang mengklaim pengobatan rumahan untuk pekerjaan kulit berminyak. Sebagian besar solusi tidak diteliti dengan baik. Keberhasilan pengobatan rumah tergantung pada banyak hal seperti situasi spesifik Anda dan kualitas produk yang Anda gunakan.

Ada kemungkinan untuk mengembangkan alergi terhadap obat yang telah Anda gunakan untuk sementara waktu. Jika kulit Anda menjadi sensitif terhadap produk apa pun, hentikan penggunaan.

Jika obat rumahan memperburuk gejala, hentikan penggunaannya, dan hubungi dokter atau dokter kulit. Anda juga harus mencari bantuan medis jika gejala kulit berminyak seperti jerawat parah, karena dapat menyebabkan infeksi atau jaringan parut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar