Nyeri tulang rusuk selama kehamilan

Jika Anda hamil dan mengalami nyeri tulang rusuk, Anda mungkin bertanya-tanya apakah itu normal. Nyeri tulang rusuk selama kehamilan umum terjadi, terutama di trimester ketiga saat bayi Anda tumbuh. Tetapi rasa sakit bisa mulai cukup awal pada kehamilan Anda juga.

Rasa sakit tulang rusuk pada kehamilan bisa menjadi akibat dari bayi Anda menendang Anda secara fisik di tulang rusuk, membentang di bawah tulang rusuk Anda, atau hanya bergerak dengan tulang rusuk Anda. Rasa sakit juga bisa disebabkan oleh otot-otot Anda yang meregang. Dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, mungkin disebabkan oleh komplikasi medis.

Inilah yang menyebabkan nyeri rusuk saat hamil, cara mencegahnya, dan cara tetap nyaman sampai Anda melahirkan.
Penyebab nyeri tulang rusuk selama kehamilan
Perubahan muskuloskeletal

Perubahan pada tubuh Anda yang terjadi selama kehamilan dapat menyebabkan nyeri tulang rusuk. Misalnya, rentang gerak yang berbeda terbatas saat tubuh Anda mengembang. Lebih sulit membungkuk ke depan karena ada manusia di depan Anda. Keterbatasan ini dapat menyebabkan nyeri tulang rusuk.
Batu empedu

Kehamilan menempatkan wanita pada risiko yang lebih tinggi untuk penyakit batu empedu. Ini karena kadar estrogen yang lebih tinggi dan pengosongan lebih lambat dari kantong empedu dan saluran empedu. Kedua hal ini dapat mengarah pada pembentukan batu-batu empedu.

Hingga 30 persen wanita hamil dan pascapartum akan mengalami empedu "sludge" sebagai akibat dari saluran yang lamban itu. Dua belas persen wanita akan benar-benar mengembangkan batu empedu.

Sering kali, endapan dan batu-batu empedu yang menyertainya tidak menimbulkan gejala apa pun. Tapi kadang-kadang, batu-batu itu bisa cukup parah untuk menyebabkan rasa sakit. Sekitar 1 hingga 3 persen wanita akan membutuhkan operasi postpartum untuk menghilangkan batu empedu.
Mulas

Hormon relaxin diproduksi selama kehamilan. Ini membantu beberapa otot dan ligamen benar-benar mendapatkan lebih "santai" dalam persiapan untuk melahirkan.

Relaxin mungkin juga bertanggung jawab untuk beberapa rasa sakit tulang yang dirasakan wanita selama kehamilan. Ini termasuk rasa sakit di panggul dan mungkin di tulang rusuk karena tubuh Anda membuat ruang untuk bayi.

Relaxin juga bertanggung jawab untuk merilekskan bagian esofagus. Inilah sebabnya mengapa wanita hamil jauh lebih rentan mengalami nyeri ulu hati. Pada beberapa wanita, mulas itu bisa bermanifestasi sebagai - Anda dapat menebaknya - nyeri tulang rusuk.
Komplikasi lainnya

Nyeri rusuk selama kehamilan biasanya dapat dihapuskan hanya karena ketidaknyamanan "normal". Tetapi bagi sebagian wanita, hal itu mungkin memiliki penyebab yang lebih mendasar dan lebih serius.

Misalnya, nyeri yang terjadi di perut kanan atas bisa menjadi tanda penyakit hati, preeklamsia, atau sindrom HELLP. HELLP adalah komplikasi yang mengancam jiwa. Gejala termasuk protein dalam urin dan tekanan darah tinggi.

Segera cari pertolongan medis jika Anda mengalami nyeri tulang rusuk yang tiba-tiba dan parah, serta salah satu gejala berikut:

    pusing
    melihat bintik-bintik atau floaters di mata Anda
    berdarah
    sakit kepala
    mual dan muntah

Nyeri dan tumor tulang rusuk

Ada beberapa bukti bahwa kehamilan dapat meningkatkan pertumbuhan hati bagi wanita yang menderita kanker, atau berisiko tinggi untuk mengembangkan kanker hati. Jika Anda mengalami sakit parah di bawah tulang rusuk kanan Anda, dokter Anda dapat memeriksa tanda-tanda tumor. Tumor mungkin memaksa hati Anda naik ke tulang rusuk Anda.

Kehamilan juga membuat darah Anda membeku lebih banyak, sehingga beberapa wanita berisiko lebih tinggi untuk pembekuan darah. Ini dapat terjadi dalam kondisi langka yang disebut sindrom Budd-Chiari. Budd-Chiari dapat mempengaruhi ginjal dan hati. Sakit tulang rusuk yang parah harus selalu diperiksa oleh dokter Anda.
Mencegah nyeri iga selama kehamilan

Jika kaki bayi menempel di bagian tubuh Anda menyebabkan nyeri tulang rusuk Anda, Anda mungkin kurang beruntung. Tetapi Anda mungkin bisa mencegah beberapa derajat nyeri tulang rusuk dengan tetap aktif dan berolahraga selama kehamilan. Kedua hal ini akan membantu Anda tetap nyaman dan mencegah penambahan berat badan berlebih. Ini dapat berkontribusi pada rasa sakit.

Untuk membantu mencegah pembentukan batu-batu empedu, fokuslah untuk makan makanan yang sehat. Makan makanan tinggi lemak dapat menyebabkan batu empedu.
Obat untuk nyeri tulang rusuk

Jika Anda mengalami nyeri tulang rusuk, cobalah pengobatan berikut untuk membantu meringankan ketidaknyamanan Anda.
Kunjungi chiropractor

Penyesuaian dapat membantu memastikan sistem skeletal Anda berada pada posisi yang benar, terutama karena stres kehamilan menggeser tubuh Anda. Penyesuaian juga dapat membantu bayi Anda menetap ke posisi yang lebih rendah, mengambil beberapa tekanan dari tulang rusuk Anda.
Gunakan bola latihan

Bola-bola latihan kebesaran adalah penyelamat selama kehamilan, terutama untuk nyeri tulang rusuk. Gantungkan diri Anda pada punggung Anda pada bola dan lakukan beberapa roll-out.

Beli bola latihan.
Olahraga

Ini mungkin tampak seperti hal terakhir yang ingin Anda lakukan, tetapi melakukan olahraga ringan, seperti yoga dengan banyak peregangan, akan membantu menjaga otot-otot Anda kendur. Ini juga akan membantu Anda dan bayi Anda tetap sehat.
Langkah selanjutnya

Beberapa nyeri iga ringan diharapkan terjadi selama kehamilan. Tetapi jika Anda mengalami sakit tulang rusuk atau perut yang parah dan tiba-tiba, pastikan untuk menemui dokter Anda. Mereka harus memastikan bahwa itu bukan kondisi medis serius lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar