Cara Mencegah Jerawat

Jerawat, juga disebut jerawat, terjadi ketika kelenjar minyak kulit Anda terlalu aktif dan pori-pori menjadi meradang. Beberapa jenis bakteri kulit dapat membuat jerawat menjadi lebih buruk. Jerawat dapat muncul di mana saja pada kulit, tetapi paling sering terjadi pada wajah.

Karena jerawat biasanya dipicu oleh hormon androgen dan, dalam beberapa kasus, genetika, tidak ada cara pasti untuk mencegahnya. Namun, ada banyak metode untuk mengurangi keparahan mereka dan menjaga mereka tetap di cek. Berikut 14 dari mereka.
1. Cuci muka dengan benar

Untuk membantu mencegah jerawat, penting untuk menghilangkan kelebihan minyak, kotoran, dan keringat setiap hari. Mencuci wajah lebih dari dua kali sehari dapat memperburuk jerawat, namun.

Jangan mencuci muka dengan pembersih kasar yang membuat kulit kering. Gunakan pembersih bebas alkohol.

Untuk mencuci muka:

    Basahi wajah Anda dengan air hangat, tidak panas.
    Oleskan pembersih ringan dengan gerakan melingkar yang lembut menggunakan jari-jari Anda, bukan kain lap.
    Bilas sampai bersih, dan keringkan.

2. Kenali jenis kulit Anda

Siapa pun bisa mendapatkan jerawat, tidak peduli jenis kulit mereka. Kulit berminyak adalah yang paling mudah berjerawat. Ini disebabkan oleh kelenjar sebasea kulit Anda yang menghasilkan terlalu banyak sebum berminyak.

Tipe lain dari kulit yang dapat menyebabkan jerawat adalah kulit kombinasi. Kulit kombinasi berarti Anda memiliki area kering dan area berminyak. Area berminyak cenderung menjadi dahi, hidung, dan dagu Anda, juga disebut T-zone Anda.

Mengetahui jenis kulit Anda akan membantu Anda memilih produk perawatan kulit yang tepat. Misalnya, jika kulit Anda berminyak, pilih produk noncomedogenic yang diformulasikan untuk tidak memblokir pori-pori.
3. Melembabkan kulit

Pelembab membantu kulit tetap terhidrasi. Tetapi banyak pelembab mengandung minyak, aroma sintetis, atau bahan lain yang dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan jerawat.

Untuk membantu mencegah jerawat, gunakan pelembab noncomedogenic yang bebas pewangi setelah Anda mencuci muka atau ketika kulit Anda terasa kering.
4. Gunakan perawatan jerawat over-the-counter

Perawatan jerawat over-the-counter (OTC) dapat membantu cepat meremukkan jerawat atau mencegahnya. Sebagian besar mengandung benzoil peroksida, asam salisilat, atau belerang.

Gunakan perawatan OTC untuk mengobati jerawat. Atau gunakan ini sebagai rejimen pemeliharaan untuk mengendalikan wabah. Untuk membantu mencegah efek samping seperti kemerahan, iritasi, dan kekeringan, ikuti petunjuk penggunaan produsen dengan tepat.
5. Tetap terhidrasi

Jika Anda mengalami dehidrasi, tubuh Anda mungkin memberi sinyal kelenjar minyak kulit Anda untuk menghasilkan lebih banyak minyak. Dehidrasi juga membuat kulit Anda tampak kusam dan memicu peradangan dan kemerahan.

Untuk menjaga tubuh Anda terhidrasi dengan baik, minum setidaknya delapan gelas air 8 ons setiap hari. Minum lebih banyak setelah berolahraga, jika Anda hamil atau menyusui, atau Anda menghabiskan waktu di lingkungan yang panas dan lembab.
6. Batasi rias wajah

Sangat menggoda untuk menggunakan riasan untuk menutupi jerawat. Namun, melakukan hal itu dapat menyumbat pori-pori dan memicu wabah.

Go au naturel saat Anda bisa. Ketika Anda memakai riasan wajah, hindari berminyak, alas bedak yang berat, dan gunakan produk yang noncomedogenic, tipis, dan bebas pewangi.

Sampo berminyak atau berminyak, mencuci tubuh, krim cukur, dan produk penataan rambut semuanya dapat menyebabkan jerawat. Untuk membantu mencegah wabah, pilih opsi bebas minyak, noncomedogenic.
7. Jangan menyentuh wajah Anda

Tangan Anda mengalami kotoran dan bakteri terus menerus sepanjang hari. Dan setiap kali Anda menyentuh wajah Anda, sebagian dari kotoran yang menyumbat pori itu mungkin ditransfer ke kulit Anda.

Dengan segala cara, jika hidung Anda gatal, goreslah. Tapi cuci tangan Anda secara teratur, dan coba sentuh wajah Anda sesedikit mungkin.
8. Batasi paparan sinar matahari

Menangkap beberapa sinar dapat mengeringkan jerawat dalam jangka pendek, tetapi itu menyebabkan masalah besar dalam jangka panjang. Paparan sinar matahari yang sering menyebabkan dehidrasi pada kulit, yang dari waktu ke waktu menyebabkannya menghasilkan lebih banyak minyak dan memblokir pori-pori.

Penting untuk memakai tabir surya untuk membantu mencegah kanker kulit. Namun, banyak tabir surya yang berminyak. Untuk perlindungan terhadap sinar matahari dan jerawat, pakailah tabir surya yang bebas minyak.
9. Jangan menjadi popper jerawat

Meski tergoda untuk memeras kepala putih yang lebih besar dari pada ujung hidung Anda, jangan. Jerawat popping bisa menyebabkan perdarahan, jaringan parut yang parah, atau infeksi. Ini juga dapat meningkatkan peradangan dan menyumbat pori-pori sekitarnya, membuat masalah jerawat Anda lebih buruk.
10. Coba minyak pohon teh

Minyak pohon teh adalah obat tradisional yang populer untuk jerawat. Menurut Mayo Clinic, itu dapat "mengurangi jumlah lesi yang meradang dan tidak meradang."

Untuk menggunakan minyak pohon teh untuk jerawat, oleskan beberapa tetes ke area yang meradang. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes ke pembersih atau pelembab harian Anda.

Sebelum menggunakan minyak pohon teh murni di wajah Anda, lakukan uji tempel untuk melihat apakah itu mengiritasi kulit Anda. Oleskan beberapa tetes di belakang telinga atau ke lengan bawah Anda, dan tunggu beberapa jam. Jika terjadi iritasi, encerkan minyak menggunakan rasio 50-50 sebelum digunakan.

11. Gunakan antibiotik

Antibiotik membantu mengurangi peradangan dan bakteri pada kulit.

Antibiotik sering diresepkan. Mereka dapat diterapkan secara topikal ke kulit Anda atau diminum. Yang diminum biasanya merupakan jalan terakhir bagi orang-orang yang jerawatnya parah atau tidak menanggapi perawatan lain.

Penggunaan antibiotik jangka panjang meningkatkan risiko resistensi antibiotik. Jika ahli kesehatan Anda merekomendasikan terapi antibiotik untuk jerawat, pastikan Anda berbicara dengan mereka tentang risiko dan efek sampingnya.
12. Terapkan lempung hijau Prancis

Lempung hijau Perancis adalah tanah liat yang kaya mineral dan menyerap dengan kemampuan penyembuhan. Menurut penelitian 2010, lempung hijau Prancis memiliki sifat antibakteri yang kuat. Ini membantu menarik kotoran, mengurangi peradangan, dan menyerap kelebihan minyak yang dapat menyebabkan jerawat.

Tanah liat hijau Prancis tersedia dalam bentuk bubuk yang Anda campurkan dengan air untuk membuat masker wajah. Anda juga dapat menambahkan bahan-bahan yang menenangkan kulit lainnya seperti yogurt atau madu.
13. Hindari makanan tertentu

Jika ibumu pernah memberitahumu junk food yang menyebabkan jerawat, dia melakukan sesuatu. Menurut review 2010, makan diet glikemik yang tinggi dapat menyebabkan jerawat.

Makanan dan minuman glisemik tinggi seperti keripik, makanan yang dipanggang yang dibuat dengan tepung putih, dan minuman ringan meningkatkan kadar gula darah dan sering kurang bergizi dibandingkan makanan glikemik rendah.

Penelitian juga menemukan makan susu dapat memicu jerawat.
14. Kurangi stres

Stres tidak menyebabkan jerawat, tetapi bisa memperburuknya. Menurut American Academy of Dermatology, penelitian menunjukkan bahwa ketika Anda sedang stres, tubuh Anda menghasilkan lebih banyak hormon perangsang minyak.

Beberapa opsi untuk membantu Anda mengelola stres adalah:

    yoga
    meditasi
    jurnal
    pijat
    aromaterapi

Mengelola jerawat

Banyak cara Anda mencegah jerawat juga dapat membantu Anda mengelolanya. Misalnya, makan dengan benar, mengurangi stres, dan tidak membuat jerawat dapat membantu menahannya dan mengurangi berapa lama mereka berada di sekitar.

Jika Anda memiliki jerawat yang buruk meskipun mengambil langkah-langkah untuk mencegahnya, Anda mungkin memerlukan perawatan dengan resep dokter seperti:

    retinoid topikal (berasal dari vitamin A) untuk membantu mencegah pori-pori tersumbat
    kontrasepsi oral atau agen antiandrogen untuk mengurangi hormon yang meningkatkan produksi sebum
    isotretinoin oral (Accutane), retinoid yang membantu mencegah pori-pori tersumbat, dan mengurangi produksi sebum, peradangan, dan bakteri kulit

Perawatan dengan kekuatan resep dapat menyebabkan efek samping yang serius. Dokter kulit Anda dapat membantu Anda mempertimbangkan pro dan kontra serta menentukan perawatan mana yang tepat untuk Anda.
The takeaway

Setiap orang mendapat jerawat sekarang dan kemudian. Banyak hal yang dapat menyebabkan jerawat, seperti hormon, stres, genetika, dan diet. Beberapa obat bahkan dapat memicu jerawat.

Paling baik, jerawat itu menjengkelkan. Pada kondisi terburuknya, mereka dapat menyebabkan jaringan parut permanen, kecemasan serius, atau depresi. Upaya pencegahan dapat membantu, tetapi itu tidak mudah.

Apapun rencana pencegahan jerawat yang Anda pilih, kesabaran dan konsistensi adalah kuncinya. Satu tetes benzoyl peroxide dapat mengecilkan satu jerawat dalam semalam, tetapi kebanyakan perawatan membutuhkan waktu beberapa minggu untuk menghasilkan hasil.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar