Bisakah Madu dan Kayu Manis Mengobati Jerawat?

Ketika akar rambut di permukaan kulit Anda tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati, kulit Anda sering merespon dengan benjolan dan benjolan yang dikenal sebagai jerawat. Biasanya jerawat mempengaruhi wajah, dada, dan punggung Anda, meskipun Anda bisa mendapatkan jerawat hampir di mana saja di tubuh Anda.

Jerawat tidak hanya menyebabkan tanda pada kulit dan ketidaknyamanan. Itu dapat memengaruhi suasana hati dan kepercayaan diri Anda juga. Jika Anda pernah mengalami jerawat di masa lalu, Anda tahu bahwa mereka tidak perlu pergi dengan cepat. Saat beberapa titik sembuh, yang lain mungkin muncul dan menciptakan siklus iritasi yang tampaknya berlangsung tanpa batas. Beberapa benjolan jerawat dalam bahkan dapat menyebabkan jaringan parut permanen jika tidak ditangani.

Sebelum menuju ke dokter kulit, beberapa orang beralih ke solusi alami untuk membersihkan jerawat mereka. Berikut ini tentang menggunakan madu dan kayu manis untuk mengobati berjerawat, apakah obat rumahan ini benar-benar berfungsi, dan apa efek samping yang mungkin Anda hadapi.
Apa manfaat madu dan kayu manis?
Manfaat

    Madu dapat membantu mengobati kondisi kulit seperti bisul dan luka bakar.
    Madu mentah, bukan madu komersial, memiliki manfaat obat.
    Baik kayu manis dan madu memiliki sifat anti-mikroba.

Madu mendapatkan perhatian di kalangan praktisi sebagai perawatan untuk sejumlah kondisi kulit. Ini termasuk bisul, luka baring, dan luka bakar. Idenya adalah madu membantu menembus luka dan menangkal bakteri. Di atas itu, madu dapat membantu mengurangi peradangan dan memberikan lingkungan yang lembab yang kondusif untuk penyembuhan.

Jenis madu yang paling sering dikreditkan dengan efek ini bukanlah jenis yang paling mudah Anda temukan di toko kelontong. Madu manuka adalah pilihan terbaik untuk penggunaan obat. Ini adalah variasi mentah yang belum diproses.

Kayu manis telah digunakan untuk mengobati berbagai kondisi pernapasan, pencernaan, dan bahkan ginekologi. Dalam survei literatur medis baru-baru ini, kayu manis telah terbukti memiliki potensi anti-mikroba, anti-parasit, anti-oksidan, dan anti-inflamasi pada hewan. Mungkin juga memiliki sifat penyembuhan luka.

Seperti madu, jenis kayu manis tertentu menghasilkan manfaat paling banyak. Kayu manis jenis ini disebut Cinnamomum zeylanicum atau "kayu manis asli."
Apa kata penelitian itu

Meskipun madu mungkin baik untuk penyembuhan luka, efeknya pada jerawat tidak jelas.

Sekelompok 136 orang berpartisipasi dalam uji coba terkontrol secara acak untuk mengevaluasi apakah madu kanuka topikal, yang dekat dengan manuka, dapat membantu mengatasi jerawat. Mereka juga menggunakan sabun antibakteri dua kali sehari sebagai bagian dari penelitian. Hasil? Hanya empat dari 53 orang dalam kelompok madu melihat peningkatan yang signifikan dalam jerawat mereka. Meskipun ini menyebut manfaat potensial yang dipertanyakan, terlalu dini untuk menyingkirkan madu. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk menentukan apakah madu dapat digunakan secara efektif melawan jerawat.

Kayu manis, juga, mungkin terdengar seperti bahan yang menjanjikan untuk ditambahkan ke rutinitas Anda. Namun, bukti ilmiah tentang manusia masih kurang saat ini. Diperlukan penelitian lebih lanjut sebelum diakui sebagai pengobatan yang efektif untuk jerawat.
Risiko dan peringatan
Risiko

    Anda tidak boleh mencoba obat rumahan ini jika Anda memiliki alergi madu atau kayu manis.
    Jika Anda alergi madu, Anda mungkin kesulitan menelan atau bernapas.
    Jika Anda alergi terhadap kayu manis, Anda mungkin juga mengalami kemerahan atau iritasi.

Meskipun kebanyakan orang dapat menggunakan masker madu dan kayu manis tanpa masalah, beberapa mungkin alergi terhadap salah satu bahan.

Jika Anda alergi terhadap seledri, serbuk sari, atau produk terkait lebah lainnya, Anda mungkin bereaksi terhadap madu yang diterapkan pada kulit.

Gejala dapat termasuk:

    kesulitan menelan
    peradangan
    gatal
    gatal-gatal
    sesak napas
    pembengkakan kulit
    mengi atau masalah pernapasan lainnya

Jika sensitif terhadap kayu manis, Anda mungkin memiliki banyak gejala yang sama. Menerapkan kayu manis ke kulit juga dapat menyebabkan kemerahan dan iritasi.
Cara menggunakan madu dan kayu manis untuk jerawat

Jika Anda mencari online, Anda mungkin menemukan resep yang berbeda untuk masker dan perawatan lain yang menggabungkan madu dan kayu manis. Beberapa orang bersumpah bahan-bahan ini membersihkan kulit mereka. Blogger kecantikan populer dan vlogger Michelle Phan menawarkan kayu manis sederhana dan masker madu di situs webnya.

Anda akan membutuhkan tiga sendok makan madu manuka dan satu sendok makan kayu manis sejati untuk membuat masker ini.

Cukup campur dua bahan, microwave selama 30 detik, pastikan tidak terlalu panas, lalu cat campuran di wajah Anda. Biarkan selama 10 menit. Bilas dan tepuk-tepuk wajah Anda dengan handuk bersih.

Lihat: Mineral dan vitamin terbaik untuk jerawat »
Perawatan lain untuk jerawat

Jika kayu manis dan madu atau pengobatan rumahan lainnya tidak berfungsi untuk membersihkan jerawat Anda, Anda mungkin ingin menemui dokter utama atau dokter kulit. 3296/5000
Pada janji Anda, dokter Anda akan memeriksa kulit Anda, bertanya tentang riwayat jerawat gaya hidup dan keluarga Anda, dan menanyakan tentang pengobatan di rumah dan over-the-counter (OTC) yang telah Anda gunakan.

Ada berbagai obat topikal dan oral yang dapat membantu menenangkan kulit Anda. Anda bahkan dapat mencoba terapi yang berbeda, seperti pengelupasan kulit, perawatan laser dan cahaya, atau ekstraksi, untuk melengkapi perawatan Anda.

Metode yang digunakan untuk mengobati jerawat dibagi menjadi tiga kategori utama: obat oral, obat topikal, dan terapi lain yang dapat mengobati kedua jerawat dan jaringan parut jerawat.
Obat topikal

Perawatan yang Anda letakkan langsung ke kulit Anda mungkin tidak akan berfungsi sampai beberapa minggu setelah Anda memulainya. Anda biasanya mengoleskan obat topikal 15 menit setelah mencuci dan mengeringkan wajah. Petunjuk bervariasi tergantung pada dokter Anda dan tingkat keparahan jerawat Anda. Efek samping dapat berupa kekeringan, kemerahan, atau iritasi pada kulit yang terkena.

Opsi umum adalah:

    retinoid, seperti tretinoin (Avita)
    antibiotik, sering dikombinasikan dengan benzoyl peroxide, seperti benzoyl peroxide-clindamycin (BenzaClin)
    antibiotik yang dipasangkan dengan antiperadangan, seperti dapson (Aczone)

Obat-obatan oral

Beberapa dokter mungkin menyarankan penggunaan obat-obatan oral saja atau bersama dengan perawatan topikal.

Opsi umum adalah:

    antibiotik, seperti minocycline
    kontrasepsi oral yang mengandung estrogen dan progestin, seperti Ortho Tri-Cyclen
    anti-androgen, seperti spironolactone (Aldactone)
    turunan vitamin, seperti isotretinoin (Claravis)

Terapi lainnya

Selain terapi topikal dan obat, ada sejumlah perawatan lain yang dapat membantu meringankan jerawat dan mencegah jaringan parut.

Opsi umum adalah:

    terapi cahaya, termasuk laser
    kulit kimia
    ekstraksi untuk menghilangkan komedo putih atau komedo
    suntikan steroid
    mikrodermabrasi

Apa yang bisa Anda lakukan sekarang

Meskipun banyak orang bersumpah bahwa pengobatan di rumah seperti madu dan kayu manis dapat menyembuhkan jerawat, bukti ilmiah masih kurang. Jika Anda memutuskan untuk mencoba masker madu dan kayu manis, ingatlah untuk:

    Gunakan madu mentah.
    Gunakan kayu manis sejati.
    Lakukan uji tempel sebelum mengaplikasikan masker. Ini dapat membantu Anda menentukan apakah Anda akan memiliki reaksi buruk terhadap bahan-bahan.

Jangan ragu untuk mengunjungi dokter atau dokter kulit Anda jika OTC atau solusi alami tidak memberi Anda bantuan, terutama dari bentuk jerawat yang lebih parah. Ada banyak pilihan lain yang tersedia yang dapat membantu Anda merasakan dan mencari yang terbaik.
Cara mencegah berjerawat di masa mendatang

Beberapa penyebab jerawat tidak ada di bawah kendali Anda, seperti genetika dan pergeseran hormonal. Namun, ada sejumlah hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah berjerawat:

    Cuci muka, tetapi hanya dua kali sehari. Bersihkan lebih sering dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan lebih banyak produksi minyak dan jerawat.
    Gunakan produk OTC yang mengandung benzoyl peroxide atau asam salisilat. Ini dapat membantu mengeringkan minyak yang menyumbat pori-pori Anda. Benzoil peroksida juga membantu membunuh bakteri penyebab jerawat.
    Pilih makeup dengan bijak. Jenis yang ditandai "bebas minyak" atau "noncomedogenic" cenderung menyumbat pori-pori.
    Untuk jerawat tubuh, pakailah pakaian longgar yang memungkinkan kulit bernapas.
    Jauhkan tanganmu dari wajahmu. Memilih jerawat bisa menyebabkan jaringan parut atau jerawat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar